Rabu, 01 Juni 2016

Imam syafii


    Imam Syafi’I adalah salah satu imam dari ke empat madzhab yang terkenal yaitu; imam hanbali, imam maliki dan imam Hanafi. Ke empat madzhab tersebut sangat berpengaruh sekali kepada perkembangan Dienul Islam di Indonesia. Mereka meriwayatkan beberapa hadits rasul dengan berbagai ragam pemahaman tetapi tetap satu makna.

Biografi imam Syafii

1.    Nama lengkap Imam Syafii adalah Abu Abdullah Muhammad bin Idris As-Syafii. Nama beliau terkenal sampai  ke seluruh dunia, termasuk ke negara tercinta kita yakni Indonesia.
2.    Tempat kelahiran imam syafii yaitu di gaza dan waktu kelahirannya pada tahun 150 Hijriah atau 767 – 820 Masehi).
3.    Silsilah keluarga nya masih ada keturunan Rasulullah , walaupun sangat jauh dalam urutan kekeluargaan nya. Yakni Imam Syafii merupakan Cicit dari Ali bin Abi Thalib. Dan bertemu pada garis keturunan Abdul Manaf.
4.    Pada usia 2 tahun, imam syafii di tinggalkan oleh ayah nya (meninggal dunia). Beliau hidup hanya bersama ibu nya di kota mekah.

Perjalanan Hidup Imam Syafii

    Semasa kehidupan imam syafii sangat memberi motivasi kepada seluruh umat manusia, dimana beliau banyak sekali keberhasilan semasa kecil sampai dewasa nya diantaranya yaitu:

a.    Dalam bidang Pendidikan
1.    Pada usia Sembilan tahun, imam syafii telah menghafal 30 juz dalam alquran dan bila di hitung mencapai 16 kali Khatam Al-qur’an dengan menempuh perjalanan dari mekah menuju Madinah.   
2.    Imam Syafii juga dapat menghafal hadits sebanyak 1.720 yang di tulis oleh imam malik dalam kitab nya yang bernama Al-Muwatha.
3.    Beliau menekuni ilmu-ilmu agama yang lain seperti ilmu Bahasa, sastra arab dan juga fiqih dari ulama besar kota mekkah yaitu Imam Muslim bin Khalid Azzanni , tepat nya di kota Badui Bani Hundail.    
Dari bukti kecerdasan ini imam syafii terkenal sebagai seseorang yang haus akan iimu baik ilmu agama maupun iimu umum. Beliau tidak pernah bosan untuk menuntut ilmu kapan pun dan di mana pun dia berada.
b.    Dalam bidang Politik dan ekonomi

1.    Imam syafii adalah seseorang yang berasal dari keluarga sederhana, dengan ekonomi yang cukup memprihatinkan. Tetapi dengan keuletan dalam belajar nya pada usia ke 15 tahun ( saat muda nya) imam syafii sudah menjadi salah satu mufti di kota mekah. Dari sejak itulah harkat dan martabat keluarga nya terangkat.
2.    imam syafii juga menekuni keahliannya dalam bidang politik, sehingga beliau dekat dengan para apparat pemerintahan.

c.    Bidang yang paling di tekuni nya
1.    Dari sejak muda nya imam syafii terfokus untuk mempelajari disiplin ilmu hadits dan beberapa cabang imu dalam hadits.
2.    Imam syafii diberi gelar sebagai Nashuru Sunnah yang berarti pembela dari sunah-sunah Nabi.          
3.    Pandangan imam syafii terhadap ilmu hadits itu kedudukan nya sangat tinggi dan urgen untuk di pelajari
Dasar Pemikiran Imam Syafii

1.    Imam syafii berpendapat berdasarkan al-qur’an, Sunnah, Ijma  dan juga qiyas.
2.    Pendapat beliauu dijadikan sebagai ijtihad yang banyak di yakini oleh umat islam khusunya di Indonesia. Tetapi imam syafii menekan kan kepada murid-murid nya termasuk kita untuk tidak betaklid kepada ijtihad nya.
3.    Pemikiran imam syafii salah satu contoh nya yaitu tentang Bid’ah diimana beliau membagi ke dalam 2 macam bid’ah yaitu Bid’ah Hasan dan bid’ah Dalalah.
4.    Karya- karya yang di hasilkan oleh imam syafii aitu kitab al-Risalah, Kitab Al-Umm, buku lainnya.

0 komentar ttg Imam syafii:

Posting Komentar

 

Bank Account



Open hour

Jl Lengkong Kecil No.4 Bandung Jawa Barat (Gedung 3 lantai milik sendiri)



Stats

twitterfacebookgoogle plusrss feedemail