Kamis, 30 Juni 2016

Kisah Menarik dari Sphinx of Giza




Jika menyebut kata Mesir yang kalian bayangkan pasti tentang piramida dan juga patung Sphinx kan? Yaa betul, dua bangunan ini memang popular di belahan dunia manapun. terkadang patung sphinx ini di kenal dengan sebutan kucing sphinx yang memang mirip seperti kucing. Patung sphinx ini memiliki beberapa versi seperti versi yunani patung sphinx di bentuk dalam wujud wanita besar raksasa namun berwajah feminine, dengan payudara, ekor dan sayap yang ada di tubuhnya. Menurut pendapat para ahli patung ini merupakan sebuah makhluk yang berkepala manusia namun tubuhnya berbentuk singa. Ada yang menyebutkan bahwa patung ini menjadi penjaga sebuah makam di kerajaan mesir kuno, dan patung ini di inkarnasikan sebagai dewa matahari.
Masih penasaran seperti apa patung sphinx itu ? simak pemaparan informasi tentang patung sphinx di bawah ini.

Sejarah Patung Sphinx Of Giza








Patung berkonsep sphinx ini bermula sejak peradaban mesir kuno yang dibuat tahun 2723 hingga 2563 Sebelum masehi. Awalnya patung ini di anggap sebagai gambaran dari Ratu Hetpheres II. Sekarang patung bersejarah ini di abadikan di sebuah museum yang ada di kairo mesir. di mesir ada beberapa patung sphinx yang dikenal seperti sphinx Granit, Sphinx Luxor dan juga Sphinx Giza. Patung patung tersebut di simpan di museum yang berbeda, ada yang di simpan di museum kairo, di museum seni Metropolitan New York, dan museum lainnya. Patung sphinx tersebut di temukan di berbagai tempat seperti di kui karnak dan juga di kuil dewa amun.

Ada salah satu patung yang paling di kenal dari beberapa patung yang ada di mesir yaakni patung sphinx Giza yang termasuk ke dalam patung paling besar di dunia. Patung ini berlokasi di dataran tinggi daerah Giza  tepatnya pinggir kota kairo. Patung ini mempuyai panjang sekitar 73,5 meter, memiliki lebar sebesar 6 meter juga tingginya sekitar 20 meter yang kemudian patung ini termasuk struktur bangunan batu tuggal paling besar se dunia. Patung sphinx giza ini menggambarkan wajah seorang raja yaitu raja firaun mesir.

Ukiran dari patung sphinx giza ini berasal dari bukit kapur. Struktur kepala patung ini sangat keras jadi akan tahan lama jika terkena erosi. Di bagian lainnya, struktur patung ini cenderung lunak sehingga mudah sekali rusak karena erosi  dan bahkan patung ini pernah terkena erosi  yang di akibatkan oleh angina gurun dan juga banjir berasal dari luapan sungai niil. Patung sphinx giza saat ini sudah menjadi symbol ikon nasional dari mesir yang begitu berharga.

Fakta unik dari Patung Sphinx Giza








1.    Sphinx Giza itu sebenarnya bukan nama yang tepat , yang sebenarnya itu adalah Yang Agung Sphinx. Mengapa demikian ? karena pada zaman dulu mitologi mesopotamia di mesir telah mempengaruhi patung ini . sphinx itu memiliki beberapa jenis yakni paduan dari kepala wanita, singa, dan juga sayap burung.

2.    Banyak sebutan yang di gunakan dalam menyebut nama sphinx giza seperti The Great Sphinx pada tahun 1400 sebelum masehi, Statue Of The Very Great Khepri, dan juga sebutan Monikers Sphinx.

3.    Tidak di temukan dengan pasti kapan patung ini di buat namun ada teori yang mengatakan bahwa patung ini ada sejak tahun 6000 sebelum masehi.

4.    Pembangunan patung ini hamir tidak ada kelanjutannya, oleh karena itu banyak yag mengatakan bahwa patung ini di buat dengn asal asalan karena pada saat itu di bangun nya patung ini hanya sebagai bukti dari kemajuan zaman.

5.    Pekerja yang membangun patung ini adalah para budak yang di berlakukan dengan baik dan ramah, seperti di sediakan daging, dan makanan mewah lainnya.

6.    Dahulu patung sphinx giza ini berwarna warni seperti pada again kepalanya berwaena merah dan bagian tubuh nya berwarna kuning, namun sekarang warna nya itu sudah pudar dan tidak berwarna sama sekali.


0 komentar ttg Kisah Menarik dari Sphinx of Giza:

Posting Komentar

 

Bank Account



Open hour

Jl Lengkong Kecil No.4 Bandung Jawa Barat (Gedung 3 lantai milik sendiri)



Stats

twitterfacebookgoogle plusrss feedemail