Senin, 27 Juni 2016

Kisah Unik Seputar Al Azhar Mesir



Dari beberaa tempat  yang kita ketahui Al Azhar pasti lebih di kenal sebagai sebuah tempat yang di jadikan sebagai target untuk menempuh pendidikan di mesir. Nama Al Azhar bukan hanya sebuah nama univesitas namun juga ada sebuah masjid yang diberi nama Al Azhar terletak di mesir. Al Azhar ini merupakan sebuah Universitas yang di dirikan oleh Bani Fatimiyah yang menyebarkan Agama dan budaya Islam. Untuk lebih jelasnya mari kita pelajari seputar dari Al Azhar yang akan admin paparkan di bawah ini.

Sejarah Al Azhar Mesir





Al Azhar adalah sebuah bangunan yang di jadikan sebagai tempat ibadah umat muslim yakkni Masjid yang di bangun pada saat pemerintahan Bani Fatimiyah. Nama Al Azhar di ambil dari nama putri Nabi kita yakni Fatimah Az-Zahra. Masjid ini di dirikan dan dibangun pada tahun 970 sampai 92 sekitar 2 tahunan. Seiring berjalannya waktu masjid ini di gunakan sebagai tempat menuntut ilmu dan memperoleh pendidikan agama. Salah satu guru besar yang ikut menyebarkan ilmu agama di universitas ini adalah Abul Hasan Ali bin Al-Nu’man seorang Ketua mahkamah agung. Bangunan ini berhubungan antara lembaga pendidikan dengan masjid yang sampai saat ini masih terpelihara dengan baik.

Universitas ini memiliki misi yakni menyebarkan agama dan kebudayaan islam yang bertujuan untuk para sarjana dalam menyelesaikan masalah yang selalu timbul dalam dunia islam khususnya pada sikap atau pun paradigm masyarakat islam, juga melatih para pendakwaah untuk di amanati sebagai penceramah oleh pemerintah di mesir. 

Perpustakaan yang di miliki oleh Al Azhar termasuk kedalam bangunan yang paling penting ke-2 setelah arsip dan perpustakaan nasional di mesir. Perpustakaan Al Azhar ini menyimpan dan mengoleksi manuskrip yang sangat langka di temukan yang terdiri dari sekitar 7.000.000 halaman.
Masjid ini bukan hanya di jadikan sebagai tempat ibadah namun juga sebagai ajang pelestarian dan penyebaran ajaran tentang madzhab Syiah. Berjallannya waktu dari tahun ke tahun dengan di adakannya beberapa acara di masjid ini maka perkembangan semakin terlihat sangat pesat sebagai contoh kegiatan akademis yang rutin dilaksanakan di masjid Al Azhar.

Fakta seputar Al Azhar




Al Azhar ini merupakan sebuah universitas yang paling tua sesudah universitas Al Qawawiyyin yang di bangun tahun 975 sebelum masehi beriringan dengan di ajarkannya buku Al Ikhtisar oleh Abul Hasan Ali Bin Al Nu’man. Sudah banyak warga Indonesia yang menuntut ilmu di Al Azhar mesir sekitar 90% mahasiswa. Sebagian lainnya menutut ilmu di unversitas mesir lainnya seperti di kairo dan lain lain. Universitas ini sangat di minati oleh para mahasiswa yang senang dengaan Bahasa dan sastra arab Karena memang di universitas ini sangat di kenal dengan salah satu fakultasnya yang mempelajari khusus tentang sastra arab.

Selain dari itu system belajar yang di gunakan di universitas Al Azhar ini  memakai metode dan cara cara ceramah berbeda dengan universitas pada umumnya yang menguunakan metode diskusi, membuat makalah dan tugas kecil lainnya namun di al azhar tidak seperti itu. Maka dengan demikian telah banyak mahasiswa al azhar yang tidak begitu pandai dalam sistematika penulisan. Inilah yang membedakan universitas di timur tengah dengan eropa, timur tengah pandai dalam materi sedangkan eropa pandai dalam metodoogi.

Adapun system lain yang di terapkan di al azhar ialah menggunakan system naik tingkat, di universitas umum kita mengenal dengan sks namun di al azhar tidak. Apa bila ada mahasiswa yang tidak mencapai nilai yang di tentukan maka secara langsung mahasiswa tersebut tidak naik tingkat dan harus mengulang di tahun berikutnya. Dengan menggunakan system seperti itu tak heran banyak mahasiswa yang awam khususnya untuk menyesuaikan diri dalam pembelajaran. Bagi kalian yang ingin mencoba tak ada salah nya juga tuhh, selamat mencoba .. 



0 komentar ttg Kisah Unik Seputar Al Azhar Mesir:

Posting Komentar

 

Bank Account



Open hour

Jl Lengkong Kecil No.4 Bandung Jawa Barat (Gedung 3 lantai milik sendiri)



Stats

twitterfacebookgoogle plusrss feedemail