Kamis, 09 Juni 2016

Masjid Abu Alabbas


    Masjid Abu Al-Abbas al-Mursi merupakan suatu peninggalan sejarah dari kta Alexandria atau yang kita kenal dengan sebutan kota iskandariyah. Masjid ini juga merupakan masjid memiliki arsitektral yang bagus dan indah. 

Sejarah Masjid Abu Al Abbas

Masjid Abu Al-Abbas didirikan pada tahun 1775 di dekat mesir dan Siria tepat nya di alun-alun di yang menghadap ke pelabuhan di Alexandria oleh Abu Al-Abbas. Pada abad ke-13 masjid ini di kuasai oleh kerajaan dinasti Mamluk .masjid ini didirikan diatas makam Abu El- Abbas El-Mursi sebagai ilmuan spanyol, pada tahun 1219 sampai 1286.

Pada tahun 1307, makam abu al-abbas menjadi tempat untuk penziarah umat muslim dari mesir dan maroko , salah satu nya adalah El-Sheikh Zein El di ibn El Qattan yang merupakan seorang pedagang yang sering mengunjungi makam tersebut.

Masjid abu al-abbas ini sudah mengalami renovasi atau perbaikan beberapa kali. Dalam merayakan kelahiran abu al-abbas al-mursi pada tahun 1863 di bangun lah sebuah masjid yang lebih besar oleh al-jazair sheikh Abu el-hassan el-maghreby.

Di sisi lain , pada saat pemerintahan di bawah Raja Farouq membangun juga sebuah masjid yang bernama masjid square atau midan e massaged. Luas nya mencapai 43.200 meter persegi dan masjid lainnya yang berpusat di dekat masjid abu al-abbas al-mursi yang di renovasi dengan biaya 140.000 El.

Biografi Abu Al-Abbas

Nama lengkap Abu AL-Abbas al-Mursi yang lahir pada tahun 1219 dari keluarga yang kaya raya.  Dia di  lahirkan dalam keadaan muslim tetapi lingkungan nya Kristen spayol. Maka abu al-abbas pergi ke Tunisia untuk belajar sampai menjadi guru besar dan sarjana muslim yang terkenal pada tahun 1242.

Abu al-abbas hidup selama 43 tahun bertempat tinggal di kota iskandariyah dan meninggal pada tahun 1286.

Kondisi Fisik Masjid Abu Al-Abbas


1.    Bangunan masjid ini di pandang sangat indah walaupun sangat rumit  dalam desain interior nya.
2.    Dalam desain ekterior atau luar nya masjid ini di beri cat berwarna krem, seperti gaya dinasti Mamluk.
3.    Kubah masjid nya berbentuk silinder seperti drum yang di atasnya berbentuk runcing di sertai dengan ukiran yang indak oleh arsitek nya.
4.    Di sebelah selatan masjid ini terdapat Menara yang menjulang tinggi 73 meter diatas permukaan tanah.
5.    Masjid Abu al abbas ini berada di dekat pantai pelabuhan timur, dari Menara yang sangat tinggi itu pengunjung dapat menikmati keindahan pantai dan bangunan-bangunan di sekitar nya.
6.    Pintu masuk masjid Abu al-abbas ini terletak satu di sebelah utara dan satu lagi di sebelah timur, yang sengaja untuk membelakangi alun-alun agar tidak terlihat.
7.    Bangunan masjid memiliki beberapa keunikan di antaranya:


•    Bentuk masjid ini adalah persegi delapan dengan menggunakan bebatuan yang bermotif unik
•    Atap masjid dihiasi arabesque dengan skylight yang berbentuk segi delapan dan dikenal sebagai Shokhsheikha, denga di beri tiga jendela dari setiap skylight.
•    Skylight masjid di kelilingi dengan empat kubah yang terletak diatas empat makam secara menyeluruh.
•    Lantai nya terbuat dari aspal dan marmer warna putih
•    Jendela dan mimbar dari kayu jati ini di ukir model citronia dan kenari dengan dituliskan ayat al-qur’an dan kalimat yang toyyibah untuk Allah swt.
8.    Di sebelah barat terdapat bangunan the madya , daerah untuk absolusi dan wc yang mengadap ke alun-alun. 

0 komentar ttg Masjid Abu Alabbas:

Posting Komentar

 

Bank Account



Open hour

Jl Lengkong Kecil No.4 Bandung Jawa Barat (Gedung 3 lantai milik sendiri)



Stats

twitterfacebookgoogle plusrss feedemail