Sabtu, 18 Juni 2016

7 Fakta Menarik tentang Sungai Nil

Umroh Plus Mesir - Berikut ini adalah berbagai fakta yang menarik tentang Sungai Nil

  1. Aliran air Sungai Nil ternyata berasal dari Burundi,

    sebuah daerah yang terletak di selatan khatulistiwa. Dari Burundi kemudian mengalir ke Afrika dan sampai akhirnya bermuara di laut Mediterania.

  2. Nil bukanlah sungai yang terpanjang

    tapi merupakan “salah satu” sungai yang terpanjang di dunia. Pada zaman dulu memang dianggap yang paling panjang, namun penelitian terbaru menunjukkan bahwa ternyata Sungai Amazon lebih panjang dari Sungai Nil. Sungai Nil ini memiliki panjang sekitar 6.695 km dan juga mempunyai 2 anak sungai. Ternyata ribuan kilometer panjangnya…

  3. Hanya 22% bagian sungai yang melewati Negara Mesir

    . Sisanya melewati Negara Burundi, Sudan, Ethiopia, Kenya, Zaire, Uganda, Tanzania dan Rwanda. Baru tahu ya? 

  4. Adapun Kota-kota Mesir yang dilalui oleh Sungai Nil adalah Khartoum, Kairo, Gondokoro, Karnak, Aswan, Alexandria, dan Thebes.

  5. Tiap tahun di Sungai Nil ada Banjir Tahunan

    Menariknya, justru banjir ini sangat bermanfaat bagi kawasan sekitarnya. yang dipadati desa-desa pertanian. Banjir ini terjadi akibat hujan musiman dan juga karena serta mencairnya salju dari gunung-gunung yang berada di Etiopia sehingga Sungai Nil Biru berubah menjadi deras menuju persambungannya dengan Sungai Nil Putih. Banjir ini juga membawa endapan lumpur yang ternyata lumpur dari Etiopia. Etiopia sendiri adalah sebuah kawasan yang berada di dataran tinggi. Sehingga lumpur tersebut sangat subur.

    Sungai Nil akan mulai meluap pada bulan Juni dan puncaknya akan terjadi di bulan September. Nah ketika mulai surut maka endapan lumpur yang tadi akan dimanfaatkan oleh para petani. Negara Mesir hampir tidak pernah mengalami hujan, oleh karena itu pertanian Mesir sangat bergantung sekali pada banjir tahunan ini yang terjadi di dataran-dataran rendah Mesir.

    Karena Banjir ini, Jika luapan Sungai Nil air rendah, maka pengaruhnya sama dengan musim kemarau. Dan bisa mengakibatkan kelaparan. Adapun jika luapan sungai nil terlalu tinggi, maka akan mengakibatkan kerusakan pada rumah dan sarana irigasi. Fakta ini ternyata sudah diperhatikan sejak ribuan tahun yang lalu, terbukti dari ditemukannya alat pengukur ketinggian sungai atau Nilometer di berbagai peninggalan kuno di Mesir. Tanggul dan Waduk menjadi teknologi yang dipergunakan agar sebagian dari air banjir sungai nil itu tersimpan, dan bisa dipergunakan untuk irigasi di kemudian hari. Uniknya seperti yang tadi dijelaskan yang ditampung tidak hanya ari tapi dengan lumpurnya juga. 

  6. sungai nil sebagai sarana trasnportasi utama rakyat mesir


  7. Sungai Nil dipergunakan sebagai jalan raya utama yang menuju ke seluruh negeri.

    Untuk itu perahu-perahu digunakan menuju ke utara untuk berlayar mengikuti arus sungai. sedangkan untuk ke arah sebaliknya diperlukan perahu yang bermesin karena melawan arus sungai.

  8. kuda nil

  9. Orang-orang Mesir Kuno mempercayai bahwa kuda Nil memiliki kekuatan spiritual.

    Oleh Karena itu, kuda Nil sering disebutkan dalam agama dan seni Mesir Kuno. Namun, Kuda Nil ternyata tidak lagi tinggal di Mesir. Saat ini Kuda Nil berada di wilayah sub-Sahara selatan dan juga di Afrika tengah-timur, kuda nil paling banyak terdapat di negara Zambia dan Tanzania.

0 komentar ttg 7 Fakta Menarik tentang Sungai Nil:

Posting Komentar

 

Bank Account



Open hour

Jl Lengkong Kecil No.4 Bandung Jawa Barat (Gedung 3 lantai milik sendiri)



Stats

twitterfacebookgoogle plusrss feedemail