Selasa, 19 Juli 2016

Perbedaan umroh dan Haji

Perbedaan umroh dan Haji dapat kita lihat dari beberapa factor, baik dari segi pengertian, pelaksanaan atau kaifiat nya, do’a saat haji dan Umroh , dan dari segi waktu ketika melaksanakannya.

Ibadah Haji dan umroh adalah salah satu ritual peribadatan yang di wajibkan oleh Allah swt untuk para jamaah yang mampu saja. Banyak sekali amalan yang bisa dilakukan untuk orang yang tidak mampu yang sama halnya dengan pahala ibadah haji dan umroh ini. Misalnya seseorang yang senantiasa membaca dzikir atau kalimat tayyibah sebanyak 33 kali setelah selesai shalat . selain itu masih banyak lagi hal-hal yang dapat menggantikan pelaksanaan ibadah ini.

Karena begitu wajib, dan banyak sekali cara untuk melaksanakan ibadah ke tanah suci , menjadi bukan suatu alasan lagi apalagi seseorang yang sudah mapan hendak ingin mengerjakan.
ayo umroh
Di bawah ini adalah perbedaan Umroh dan Haji yaitu:

Perbedaan ibadah Haji dan Umroh dari lamanya pelaksanaan

  • Dalam segi waktu ibadah Haji hanya bisa dilaksanakan pada bulan haji saja yakni bulan dzulhijjah, sedangkan ibadah umroh bisa dilaksanakan kapan saja atau di tunaikan setiap waktu bahkan bisa setiap hari oleh semua jamaah umat muslim dari seluruh dunia.
  • Adapun lama ibadah haji adalah 9 sampai 10 hari , hal ini sudah di tetapkan dan di syari’atkan dalam al-qur’an dan as-sunnah. Sedangkan dalam pelaksanaan umroh setiap jamaah dapat melaksanakan nya selama mungkin.

Perbedaan haji dan umroh dari segi kaifiat atau pelaksaan nya

  • Didalam pelaksanaan ibadah Haji berarti sudah melakukan urutan pelaksanaan ibadah umroh. Karena di dalam ibadah umroh hanya ada beberapa syarat dan rukun yang harus dikerjakan misalnya niat, thawaf, sa’I , mencukur rambut dan berziarah ke tempat-tempat bersejarah.
  • Di dalam ibadah haji  terdapat syarat dan rukun yang cukup banyak yaitu: berniat, melakukan thawaf dan sa’I, bertahallul, wukuf di padang arafah , melempar 3 jumroh aqabah dan bermalam di Mudzalifah untuk mengambil batu kerikil .

Perbedaan Ibadah haji dan umroh dalam segi hukum

hukum ibadah haji adalah wajib yang merupakan syari’at dan ketetapan agama islam. Untuk ibadah umroh banyak pendapat ulama yang berbeda pendapat, apakah wajib atau Sunnah karena banyak orang yang melakukan umroh kapan saja dan semaunya. 

Untuk lebih jelasnya dan tambahan dari keterangan diatas adalah:


  1. Ibadah umroh tidak mempunyai waktu tertentu atau sampai ketinggalan waktu
  2. Di dalam pelaksanaan Umroh tidak berkumpul di paadang arafah, bermalam di Mudzalifah dan melakukan kegiatan melontar Jumroh
  3. Ketika sedang melakukan haji dan umroh tidak ada pelaksanaan shalat jamak karena tidak ada dalil dan sebab seseorang melakukan jamak terkecuali ketika sedang dalam perjalanan.
  4. Di dalam umrah tidak ada thawaf qudum dan tidak ada pula penyampian khutbah pada saat wukuf di arafah.

Dari perbedaan diatas , semoga jamaah Haji dan umroh dapat melaksanakan urutan dalam syarat dan rukun nya secara benar dan khusyu sesuai syariat islam dan ketetapan Allah semata. Dua ibadah ini akan menjadi pelengkap dalam peningkatan iman, isam dan ihsan setiap muslim - Umroh Plus Mesir.

0 komentar ttg Perbedaan umroh dan Haji:

Poskan Komentar

 

Bank Account



Open hour

Jl Lengkong Kecil No.4 Bandung Jawa Barat (Gedung 3 lantai milik sendiri)



Stats

twitterfacebookgoogle plusrss feedemail