Rabu, 20 Juli 2016

Macam-macam Paket Haji

pakaian ihram
Umroh plus mesir - Haji merupakan impian semua umat muslim di seluruh dunia. Ada yang sudah mencukupi dana untuk berangkat haji tetapi belum ada niat dan belum ada panggilan dari Allah SWT maka orang itu di uji dengan kekayaan yang berlimpah. Tetapi sebaliknya orang yang ekonominya lemah tetapi bekerja keras dan ada niat untuk berangkat haji maka Allah memberi jalan dan kekuatan untuk berangkat.

Di dalam proses pemberangkatan Haji di Indonesia, ada macam-macam paket Haji yang ditawarkan. secara garis besar ada 2, yaitu ONH Plus dan ONH Reguler. Keterkaitan antara ONH Plus dan ONH Reguler sama sama berangkat untuk beribadah Haji namun yang membedakannya adalah pelayanan dan biaya

Paket Haji yaitu ada 2 macam yakni:


1.    HAJI PLUS

Haji plus sering juga disebut ONH plus atau Ongkos Naik Haji Plus. Banyak sebagian orang yang menilih untuk melaksanakan ibadah ketanah suci mereka rela menunggu bertahun tahun demi melaksanakan rukun islam yang ke 5 yaitu naik haji. Namun, di paket Haji Plus masa tunggunya bisa diringkas. tapi tentu saja biaya ONH Plus pastinya lebih mahal dibanding Haji reguler.

Berikut Adalah Fasilitas Yang Terdapat Di Paket Haji Plus


suasana di Mekah

  • Dalam pemberangkatannya tidak lama nunggu 1 tahun
  • Biaya Akomodasi dan Konsumsi di tanggung penyelenggara
  • Jarak penginapan dekat dengan mekah di perkirakan sekitar 250 meter
  • Mengingat bahwa ibadah haji haruslah khusuk maka haji plus memberikan tempat yang tidak begitu jauh dari masjidil harram.
  • Lamanya haji plus di madina sekitar 26 sampai 30 hari itu yang haji plus arbain kalo yang non arbain 19 hari.
  • Pembimbing ketika berada di tanah suci pembingbing yang membimbing jamaah haji lebih dari cukup
  • Manasik haji nya 2 sampai 3 kali di lakukan secara intensif dan itu dilakukan 2 hari dalam 1 pertemuan. Para jamaah haji plus bimbinganya pun terus menerus dilakukan tanpa putus dari mulai berada di tanah suci sampai pulang ke tanah air dan itu supaya hajinya terlaksana dengan baik

2.    HAJI REGULER

  • Di dalam pemberangkatanya memang menunggu bertahun tahun. Dari daftar masa tunggu Haji Kemenag, di Kota bandung saja Jika daftar tahun 2016 maka bisa berangkat tahun 2032, artinya menunggu sampai 16 tahun.
  • Bagi jamaah haji reguler biaya Akomodasi dan Konsumsi seelama 6 hari di tanggung oleh hotel tetapi sekitar 20 hari di mekah seluruh konsumsi di tanggung jamaah sendiri.
  • Jarak tempuh penginapan bagi jamaah haji reguler cukup lumayan jauh di perkirakan jarak tempuhnya sekitar 4km tetapi bagi jamaah haji yang mempunyai uang mereka bisa menggunakan angkutan dan jarak tempuhnya bisa cepat sampainya. Dan kalo berjalan kaki bisa di perkirakan 16 km.
  • Lamanya haji reguler sekitar 40 hari dan itu waktu tempatnya berbeda beda di mekah 20 hari di Arofa – Mina 4hari dan di Madina sekitar 6 hari.
  • Bagi jamaah haji reguler untuk pembingbingnya ada kelompok yang dinamakan KBIH dan pemerintah juga telah membentuk TPHI yang di bentuk oleh departemen Agama.
  • Bagi jamaah Haji Reguler bisa sampai 5 kali manasik Haji dan itu di organisasi pemerintah setempat.

alur pendaftaran haji reguler

Sangat beda sekali dengan jamaah haji reguler dengan jamaah haji plus mungkin saja jamaah haji yang reguler tidak seintensif manasiknya di banding jamaah haji yang plus.

Bagi jamaah ataupun calon jamaah haji ONH plus tentunya dalam pemberangkatannya lebih cepaat di banding dengan jamaah Haji yang reguler jamaah haji yang plus bisa jarak 1 tahun langsung berangkat dan biayanyapun juga lumayan pantastik, sebaliknya kalo yang reguler di tentukan tergantung tempat asal atau daerah dan di perkirakan berangkatnya 2 tahun, 4, bahkan mungkin bisa sampai 10 tahun, sangat lama bukan.

0 komentar ttg Macam-macam Paket Haji:

Poskan Komentar

 

Bank Account



Open hour

Jl Lengkong Kecil No.4 Bandung Jawa Barat (Gedung 3 lantai milik sendiri)



Stats

twitterfacebookgoogle plusrss feedemail